Rabu, 04 Maret 2015


Puncak ke-3 Indonesia
Rinjani mungkin sudah tidak asing lagi para pendaki. Ya, gunung yang satu ini bisa dibilang memiliki keindahan number one di antara semua gunung yang ada di Republik ini. Karena itu bagi teman-teman yang ingin mencoba sensasi mendaki di gunung Rinjani, silahkan datang ke Pulau Lombok NTB. Gunung Rinjani merupakan puncak ke-3 Indonesia, mengapa demikian.?? Karena gunung ini merupakan gunung tertinggi ke-3 di Indonesia setelah Jayawijaya di Papua dan Kerinci di Sumatera.

Mendaki Rinjani.....
Memulai Pendakian

Rinjani memiliki nilai spiritiual bagi orang Hindu Bali dan suku sasak. Bagi orang Bali, Rinjani adalah satu dari tiga gunung yang disucikan karena dianggap tempat tinggal para dewa, setelah Semeru dan Agung. Di bawah ini adalah peta rute perjalanan mendaki dan turun dari gunung Rinjani, rute yang berwarna merah adalah jalan naik ke gunung Rinjani, sedangkan yang berwarna biru adalah rute turun.

Jalur Pendakian


Desa Sembalun merupakan salah satu jalur masuk ke Taman Nasional Gunung Rinjani. Saat perjalanan ke Sembalun, teman-teman akan melewati Bukit Tiga Dara, jika teman-teman beruntung, teman-teman yang mendaki gunung Rinjani bisa menikmati pemandangan matahari terbenam dari Bukit Tiga Dara ini.
                                                                     Bukit Tiga Dara

Masih Di Bukit Tiga Dara

Dari basecamp Sembalun ke pos satu dihiasi padang savana seperti bukit teletubbies, teman-teman sebaiknya memotong jalan dari hutan karena bisa menghemat waktu teman-teman sekitar dua jam.
Savana Sembalun

Angin padang yang bertiup membuat ilalang-ilalang melambai bagai jutaan rajutan yang begitu indah. Ada eksotisme yang tidak terbantahkan disana.

Pelawangan Sembalun

Disini teman-teman akan sering menemukan puncak semu, dari kejauhan seperti puncak bukit tetapi sebenarnya bukit-bukit berikutnya masih tertutup kabut.
Para Pendaki Rinjani
Pelawangan Sembalun Sore Hari

Plawangan sembalun adalah pos terakhir sebelum puncak, dengan ketinggian sekitar 2700 mdpl. Puncak Rinjani berada di ketinggian 3726 mdpl. Berarti masih ada sekitar satu km vertikal, teman-teman tentu malas untuk membayangkannya.
Trek Berpasir

Jalur menuju puncak adalah pasir, mirip seperti di semeru. Jalur ini sangat mengerikan, kiri-kanan langsung jurang menganga lebar. Teman-teman sebaiknya menempuh jalur ini pada malam hari, sehingga nantinya mental teman-teman tidak jatuh duluan sebelum mencapai puncak.
Hampir Puncak

Dan akhirnya ini adalah puncak tertinggi ke-3 di Indonesia.
Puncak Rinjani
Namun, tidak lengkap rasanya kalau belum menikmati indahnya Segara Anak yang ada di Gunung Rinjani, Segara Anak ini merupakan anak laut yang berada di puncak gunung Rinjani, segara anak sendiri merupakan kawah bekas letusan gunung Samalas ratusan tahun silam.
Danau segara anak berada di ketinggian 1700 mdpl. Jalurnya cukup berbahaya, karena banyak sekali bebatuan dan pasir. Hati-hati berpijak disini.
Ke Segara Anak
Mancing Ikan di Segara Anak, ikannya besar-besar.

Oranye di Segara Anak

Teman-teman tentu akan merasa bukan seperti di Indonesia manakala menikmati keindahan alam yang begitu eksotis dan mengagumkan dari Gumi Sasak Lombok Mirah Adi ini, karena keindahan inilah Gunung Rinjani dinobatkan menjadi gunung dengan pemandangan terindah di Indonesia.

0 komentar: